Gunung Soputan Meletus Gunung Soputan Meletus : GenjokSelalusetia Memberikan Jempolnyakestatuskaliansemua
gravatar

Gunung Soputan Meletus

Gunung api Soputan di Sulawesi Utara kembali mengeluarkan letusan. Akibatnya ada kenaikkan status yang dianggap cukup berbahaya bagi warga sekitar gunung. Kenaikkan status ini terjadi pada tanggal 26 Agustus 2012 pukul 20.00 WITA.
“Sehubungan dengan peningkatan aktivitas Gunung api Soputan di Sulawesi Utara, maka Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geolog
(PVMBG) telah menetapkan status Gunung Soputan dinaikkan statusnya dari Waspada (level II) ke Siaga (level III), ” ujar Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam surat elektronik, Minggu (26/8/2012).
Menurut Sutopo, letusan Gunung Soputan mencapai 5 ribu meter dari puncak. Ditambah dengan kondisi arah angin yang mengarah ke utara.
“Hujan abu cukup tebal berpotensi di bagian utara,” tuturnya.
Sutopo menyarankan agar warga tetap tenang dan tidak perlu melakukan pengungsian besar-besaran di sekitar Gunung Soputan. Serta tetap melakukan aktivitas keseharian asalkan tidak terlalu dekat dengan lokasi Gunung Soputan.
“Warga diimbau tidak beraktivitas dalam radius 6 km dari puncak gunung. Pendakian dan aktivitas berkemah di puncak Gunung Soputan dihindari. Adapun warga yang bermukim pada radius 6,5 km tidak perlu mengungsi,” ungkapnya.
Sutopo menambahkan apabila terjadi hujan abu, masyarakat diminta untuk menggunakan masker pelindung agar terhindar dari penyakit.
“Jika terjadi hujan abu, agar masyarakat menggunakan masker penutup hidung dan mulut,” tutupnya.

Gambar emocition

deskripsi gambar

./Partner

BolmutPost anaski gorontalotoday exploit ilmugrafis gorontalotoday gorontalotoday gorontalotoday